Jumat, 19 Juli 2013

Batik Populer di Madura

Madura yang termasuk salah satu wilayah di Jawa Timur ini memang terkenal garam ataupun karapan sapinya. Akan tetapi bukan itu saja, Madura juga memiliki keindahan penuh warna dari batik yang mempunyai nilai seni dan cita rasa yang tinggi. Tahukah Anda jika sejak dulu Pulau Madura sudah menjadi salah satu pusat sentra batik di Indonesia? Batik Madura juga tidak kalah dengan batik-batik yang merupakan hasil dari Cirebon, Yogyakarta, Solo, dan juga Pekalongan.

Batik sudah cukup populer di Madura dengan keindahan corak dan motifnya yang dibalut dengan warna-warni yang berani dan tegas.Walaupun terlihat kasar dan sangat mencolok, tetapi batik Madura bukan tergolong bahan yang murahan. Batik Madura memiliki keistimewaan yang mungkin saja tidak dapat ditemui pada batik-batik asal kota lainnya, yaitu semakin lama warnanya akan menjadi lebih cerah.

Membatik adalah budaya turun temurun yang diwariskan dari seluruh masyarakat asli Madura. Pada umumnya mereka membuat batik dengan ragam dan corak yang terbilang bebas sehingga mampu meninggalkan kesan unik bagi yang melihatnya. Sehelai kain batik Madura dibuat dengan keterampilan tangan dari setiap individu. Bahkan, hingga sekarang ini mereka juga masih tetap mempertahankan cara tradisional pembuatannya dengan metulis batik memakai bahan-bahan pewarna alami yang sudah pasti bersifat ramah lingkungan.

Batik Madura memiliki cirinya tersendiri, seperti mempunyai warna yang beragam (full colour) dan cerah mulai dari biru, merah, hijau, kuning, dan orange. Warna-warna yang cantik tersebut didapatkan setelah menggunakan bahan pewarna alami seperto mengkudu, dan sebagainya. Batik Madura juga direndam dengan cukup lama, mulai dari tiga bulan hingga satu tahun sehingga warna yang dihasilkannya akan lebih awet daripada batik asal kota lainnya.

Batik Madura biasanya bermotif hewan, tumbuhan, dan berbagai motif kombinasi lainnya yang dikreasikan oleh si pembatik. Batik Madura juga terdiri atas beraneka macam motif dan warna tabrak yang cukup berani, selain itu juga terdapat batik-batik bercorak klasik nan elegan. Batik Madura memiliki ciri khas lainnya, yaitu banyak menarik garis yang terlihat di dalam setiap desainnya.Ada juga desain-desain batik yang diadaptasi dari cerita rakyat Madura. Tentu saja kain batik Madura ini sangat menarik bukan? Apakah Anda sudah memiliki koleksi unik dari batik Madura di dalam lemari pakaian Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar